Author Info

Sunday, 15 July 2012

Bantai Kejenuhan Saat Menulis







Sabtu sore tanggal 14 Juli kemarin, akhirnya Penerbit Mataniari berhasil menyelenggarakan pelatihan penulisan pertama dari rangkaian program Mataniari Creative Writing 2012. Tema yang pertama kali diangkat adalah mengatasi kejenuhan dalam menulis.
Sudah menjadi rahasia umum bahwa kejenuhan adalah musuh utama setiap penulis. Tentu saja banyak faktor yang mempengaruhinya, mulai dari kehabisan ide, bingung menentukan alur cerita, sampai  masalah mood yang tidak stabil.
Pada pelatihan perdana ini, segala bentuk kejenuhan diulas dan didiskusikan jalan keluarnya. Salah satu metode yang ditawarkan oleh Tedy Wahyudy Pasaribu selaku mediator diskusi adalah menentukan kerangka tulisan. Menurut lelaki kurus tinggi yang biasa disapa Tedy ini, Kerangka tulisan dapat membantu penulis untuk tetap fokus pada tema tulisan yang sedang digarapnya.
Menulis sendiri adalah proses kreatif yang dapat dilakukan oleh siapa saja. Kuncinya hanya dua, banyak membaca referensi dan terus dilakukan terus-menerus, sedangkan ide dapat di temukan di mana saja.
Tentang Mataniari
Mataniari Publisher adalah penerbit lokal yang berbasis di kota medan. Sampai saat ini, mataniari telah meluncurkan tiga terbitan diantaranya Topeng (novel), Balada Perempuan (kumpulan cerpen dan Puisi, kerja sama dengan Komunitas Perempuan Indie) dan Menuju Kontemporer (Kumpulan puisi kontemporer, kerjasama dengan mahasiswa Universitas Nomensen Medan).
Mataniari sendiri menawarkan beberapa bentuk kerja sama dengan penulis dalam rangka meningkatkan minat tulis di kota medan, diantaranya Self Publishing, Corporate Publishing dan Royalti.
Menjelang 1 tahun berdirinya Mataniari Publisher, Penerbitan ini menggalakkan program Mataniari Creative Writing, yang merupakan rangkaian diskusi penulisan dan pelatihan menulis yang bertujuan untuk memudahkan kawan-kawan penulis yang berminat untuk menerbitkan buku.
Tanggal 28 Juli 2012 mendatang, Mataniari Publisher akan melaksanakan diskusi ke dua yang akan membahas kerangka tulisan secara lebih mendalam. Bagi kawan-kawan yang berminat, biaya registrasinya hanya Rp 25.000,- (gratis 1 eks Novel Topeng dan gratis mengikuti diskusi-diskusi lanjutan mataniari yang masih mengusung program Mataniari Creative Writing).

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Mataniari Publisher, dapat menghubungi Ayu (081348942776 atau 087869395713) atau datang langsung ke kantor penerbitan mataniari di Jl HM Joni, Perumahan Puri Teladan, Block Catellia No 4. Samping Kampus Harapan
Share:

0 comments:

Post a comment

Ad Banner

BTemplates.com

Powered by Blogger.

Sample Text

Text Widget

Contact Form

Name

Email *

Message *

Followers

Search This Blog

Video Of Day

Get to know me

About Us

Navigation-Menus (Do Not Edit Here!)

Newsletter

Subscribe Our Newsletter

Enter your email address below to subscribe to our newsletter.

Like This Theme

Flicker

Pages

Pages - Menu

Popular Posts

Popular Posts