Author Info

Friday, 22 April 2016

Menyulap Plastik Bekas Menjadi Produk Bernilai Jual Tinggi


Menjahit tasnya harus pakai mesin jahit khusus begini..
Setelah lebih dari sembilan puluh menit menempuh perjalanan menggunakan angkutan umum, Ibu- ibu kelompok binaan Yayasan Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA) tiba di Rumah Kompos dan Bank Sampah Induk yang berlokasi di Kelurahan Belawan Sicanang.

Kunjungan yang berlangsung selama dua hari ini diinisiasi oleh PKPA dan bertujuan untuk menambah pemahaman masyarakat, khususnya ibu rumah tangga terhadap dampak negatif sampah dan metode yang dapat dilakukan untuk mengolah sampah menjadi produk layak jual dan menambah income keluarga. 

Dalam kesempatan kali ini, ibu-ibu yang ikut dalam kunjungan ke Bank Sampah Sicanang memperoleh training  singkat mengolah plastik menjadi tas multifungsi. Adapun plastik yang digunakan adalah plastik kemasan pewangi pakaian dan plastik kemasan pembersih lantai.

Kak Sumi mejeng bareng dengan model tas yang udah jadi..

Untuk membuat sebuah tas berukuran kecil, dibutuhkan delapan lembar plastik kemasan yang kemudian digunting menjadi enam belas lembaran 10 cm. Lembaran – lembaran plastik 10 cm tersebut lantas disatukan dengan cara dijahit menggunakan benang bening yang menyerupai benang pancing. Plastik-plastik yang telah disatukan tersebut bisa diolah menjadi bermacam-macam bentuk, mulai dari map kertas sederhana, tas jinjing ukuran besar, payung, tas make up kecil dan sebagainya.

Training pembuatan tas plastik daur ulang ini dipandu oleh Ibu Ani dari Bank Sampah Induk Sicanang. Ibu Ani yang pada hari itu mengenakan kerudung berwarna biru memperi arahan yang mudah dimengerti dan menjawab semua pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta pelatihan. Meskipun beberapa peserta mengalami kesulitan dalam mengoperasikan mesin jahit khusus plastik yang menggunakan dinamo, namun seluruh peserta merasa tertarik dan tetap bersemangat menyelesaikan pembuatan tas yang telah mereka mulai. Pada hari kedua, tiap peserta yang ikut berpartisipasi berhasil menyelesaikan tas dalam beragam bentuk yang berbeda
Share:

0 comments:

Post a comment

Ad Banner

BTemplates.com

Powered by Blogger.

Sample Text

Text Widget

Contact Form

Name

Email *

Message *

Followers

Search This Blog

Video Of Day

Get to know me

About Us

Navigation-Menus (Do Not Edit Here!)

Newsletter

Subscribe Our Newsletter

Enter your email address below to subscribe to our newsletter.

Like This Theme

Flicker

Pages

Pages - Menu

Popular Posts

Popular Posts