Author Info

Friday, 22 April 2016

PKPA Lakukan Penguatan Kapasitas CU di Sembahe


Ibu - ibu pengurus dan anggota CU yang lagi serius nggak bisa diganggu :D
Siapa yang tidak mengenal credit union (CU) saat ini, salah satu lembaga keuangan yang dibentuk karena rasa saling percaya sekelompok orang dan difungsikan untuk menyimpan uang dan meminjam modal usaha bagi para anggotanya.

Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA) telah pula membentuk credit union (CU) yang diberi nama CU Sumber Rezeki sejak tahun 2014. Pembentukan CU ini dimaksudkan untuk membantu dan meningkatkan pendapatan kelompok keluarga marginal. Sampai saat ini CU Sumber Rezeki telah memiliki lebih dari 40 anggota aktif yang tersebar di tiga lokasi (Pinang Baris, Klambir V dan Ayahanda).  

Untuk meningkatkan kapasitas anggota dan pengurus CU Sumber Rezeki, PKPA telah melakukan Rapat Akhir Tahun (RAT) yang direalisasikan pada hari minggu (22/3).

Pada RAT kedua yang diadakan di lokasi pemandian Sembahe, anggota diperbolehkan membawa dua orang anggota keluarga, karena diakhir sesi evaluasi anggota dan keluarga akan diizinkan untuk menikmati pemandian alam Sembahe.

RAT dimulai pada pukul sepuluh pagi, dibuka oleh Sony Sucihati selaku tim pengawas CU Sumber Rezeki yang sehari-harinya berprofesi sebagai Manager Fundraising di PKPA Medan. Dalam pembukaan yang disampaikannya, Sony berusaha untuk memotivasi anggota CU untuk meningkatkan kemandirian anggota dan pengurus. Sony Sucihaty juga menyampaikan pengalaman yang dapat menjadi bahan pembelajaran bagi anggota untuk mengembangkan usaha agar ekonomi keluarga anggota CU dapat berkembang kearah yang lebih baik.

Ibunya pada rapat, anak-anak malah enak-enakan nyebur...
Selanjutnya RAT dilanjutkan dengan penyampaian laporan pertanggungjawaban pengurus CU Sumber Rezeki periode 2015/2016. Rapat Akhir Tahun CU Sumber Rezeki berjalan dengan tertib, meskipun kebanyakan anak-anak yang dibawa oleh anggota CU sesekali mengintruspsi karena meminta cemilan kepada orang tua mereka yang tengah mengikuti rapat.

Setelah menyampaikan laporan pertanggung jawaban, anggota CU lantas memutuskan kriteria untuk pemilihan pengurus baru. Lantas terpilihlah Ibu Sri Handayani sebagai ketua, Ibu Darsiah sebagai sekertaris dan Ibu Syamsidar sebagai bendahara untuk masa jabatan periode 2016/2017. Lalu RAT diakhiri dengan pembagian sisa hasil usaha kepada seluruh anggota CU Sumber Rezeki.
Share:

0 comments:

Post a comment

Ad Banner

BTemplates.com

Powered by Blogger.

Sample Text

Text Widget

Contact Form

Name

Email *

Message *

Followers

Search This Blog

Video Of Day

Get to know me

About Us

Navigation-Menus (Do Not Edit Here!)

Newsletter

Subscribe Our Newsletter

Enter your email address below to subscribe to our newsletter.

Like This Theme

Flicker

Pages

Pages - Menu

Popular Posts

Popular Posts