Author Info

Monday, 2 May 2016

Apa Kamu Yakin Sudah Benar Menyikat Gigi?

Gosok-gosok terus tangannya sampai bersih ya dek...
Semua orang pasti sepakat bahwa Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sangat penting agar terhindar dari segala macam penyakit. Mencuci tangan sebelum makan, menggosok gigi dan mandi teratur, bahkan pola makan yang sehat juga merupakan bagian dari perilaku hidup bersih dan sehat.
 
Meskipun terkadang tidak kita sadari, banyak kebiasaan salah yang sering kita lakukan setiap hari. Salah satunya cara mencuci tangan dan menggosok gigi. Untuk itulah Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA) melaksanakan sosialisasi PHBS kepada anak-anak dampingan PKPA yang berdomisili di sekitar terminal Pinang Baris pada hari rabu (20/4).

Anak-anak yang diberikan sosialisasi berjumlah tiga puluh dan umumnya masih berstatus pelajar SMP atau SMA yang juga beraktifitas disekitar terminal amplas, baik itu sebagai penyapu angkutan umum atau hanya sekedar bermain. 


Ibu Teti Muliati dan Ibu Yeti Andayani yang hadir sebagai pemateri dalam sosialisasi tersebut menjelaskan bahwa mencuci tangan dan menggosok gigi wajib dilakukan dengan benar agar tidak ada kuman yang tertinggal. Anak-anak biasanya hanya menyiram tangan secara asal-asalan tanpa menggunakan sabun dan membersihkan hingga ke sela-sela jari. 

Nah, yang paling menarik minat saya adalah penjelasan tentang cara menyikat gigi. Selama ini saya menyikat gigi dua kali sehari, pagi dan sore disaat mandi. Dan ternyata hal tersebut salah saudara-saudara. Memang dianjurkan menyikat gigi dua kali pagi dan malam, namun idealnya setelah sarapan dan sebelum tidur agar sisa makanan tidak menempel dan menjadi sarang kuman.


Seringnya kita juga sering salah saat menggosok gigi. Biasanya kita menggosok gigi dengan gerakan horizontal maju-mundur, hal ini tidak akan membersihkan gigi secara maksimal bahkan tidak menghilangkan kuman di gigi. Idealnya menggosok gigi dilakukan secara vertikal naik dan turun, sedangkan untuk gigi graham yang agak sulit dijangkau sikat gigi, hendaknya di gosok secara melingkar. 

Pastinya seru sekali menyaksikan anak-anak mempraktekkan cara menggosok gigi dan mencuci tangan yang benar di SKA-PKPA. Diakhir acara, anak-anak juga diberikan bingkisan berupa paket sikat gigi, odol dan sabun mandi.

Share:

0 comments:

Post a comment

Ad Banner

BTemplates.com

Powered by Blogger.

Sample Text

Text Widget

Contact Form

Name

Email *

Message *

Followers

Search This Blog

Video Of Day

Get to know me

About Us

Navigation-Menus (Do Not Edit Here!)

Newsletter

Subscribe Our Newsletter

Enter your email address below to subscribe to our newsletter.

Like This Theme

Flicker

Pages

Pages - Menu

Popular Posts

Popular Posts