Author Info

Wednesday, 20 May 2020

PKPA Distribusi Paket Hygiene Kit kepada 98 Keluarga di Kota Medan



Penyebaran virus Covid-19 telah menjangkit Indonesia termasuk di Kota Medan. Data Tim GugusTugas Percepatan Penanganan Covid-19 SUMUT mencatat bahwa sebanyak 160 orang positif dan 133 orang PDP. (19.05.2020)

Berbagai kebijakan telah dikeluarka pemerintah termasuk physical distancing, meliburkan sekolah, larangan mudik sampai mewajibkan masyarakat menggunakan masker. Kebijakan pemerintah, secara langsung maupun tidak langsung juga telah berdampak pada sumber mata pencarian masyarakat. PKPA telah melakukan survey terkait pandangan masyarakat terhadap Covid-19 dan menemukan bahwa masyarkat merasa semakin sulit memenuhi kebutuhan rumah tangga selama masa pandemi. Kesulitan memenuhi kebutuhan pokok membuat masyarakat cenderung mengabaikan kebutuhan terkait kebersihan bagi keluarga. Padahal, salah satu cara mencegah tertular Covid-19 adalah dengan tetap menjaga pola hidup yang bersih.

Merespon situasi tersebut Yayasan Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA) atas dukungan Oxfam di Indonesia melalui program Indonesia Climate Disaster and Resilience Community melakukan distribusi bantuan hygiene kits sebanyak 98  paket bagi  rumah tangga di wilayah Sei Agul, Sei Putih dan Pinang Baris yang didistribusikan dengan metode penukaran vouvher.


Beberapa jenis barang bantuan pada distribusi diantaranya adalah Sabun mandi, sabun cuci tangan, shampo, pasta gigi, sikat gigi, cairan pembersih lantai, detergen bubuk, handsanitizer, masker dan stiker informasi seputar protokol jika berada di luar rumah. Ibu Ellys (46 thn) menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan sangat bermanfaat sekali dan berharap situasi Covid-19 ini segera membaik.

Proses distribusi yang berlangsung selama tiga hari tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19. Pada masing-masing voucher telah disusun jadwal pengambilan paket berisi hari dan jam pengambilan paket, hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa masyarakat tidak akan berkerumun ketika ingin mengambil paket bantuan. Masyarakt yang mengambil bantuan juga di wajibkan menggunakan masker.


Share:

0 comments:

Post a comment

Ad Banner

BTemplates.com

Powered by Blogger.

Sample Text

Text Widget

Contact Form

Name

Email *

Message *

Followers

Search This Blog

Video Of Day

Get to know me

About Us

Navigation-Menus (Do Not Edit Here!)

Newsletter

Subscribe Our Newsletter

Enter your email address below to subscribe to our newsletter.

Like This Theme

Flicker

Pages

Pages - Menu

Popular Posts

Popular Posts